Keunggulan Serta Ciri Ayam Petarung Jenis Saigon

20

Feb

Saat ini terdapat banyak jenis Ayam Petarung seperti ayam bangkok, ayam pama, ayam pakhoy, ayam birma serta ayam saigon. Nah di artikel kali ini kami akan membahas tentang ayam kelebihan serta ciri-ciri ayam saigon. Ayam saigon ini berasal dari Vietnam, saat ini di Indonesia juga terdapat cukup banyak ayam jenis ini, karena ayam ini cukup handal ketika diturunkan ke medan pertarungan. Seperti apakah ciri ayam ini? berikut ini ulasan nya.

Ayam saigon ini merupakan ayam yang memiliki daya tahan tubuh yang sangat bagus. Banyak dari para botoh yang mengawin silangkan ayam ini dengan ayam jenis lain nya untuk mendapatkan keturunan yang memiliki daya tahan seperti ayam saigon. Ayam ini memiliki ketahanan yang bagus karena kulit nya yang sangat tebal serta memiliki postur yang besar serta terlihat kokoh. Ayam ini sebenar nya memiliki daya tahan pukul yang bisa dikatakan melebihi ayam bangkok, namun kurang gesit nya ayam ini saat bertarung membuat ayam ini cukup jarang di minati.

Ciri utama yang bisa dilihat dari ayam ini adalah tidak adanya bulu pada leher nya sama sekali, bisa dikatakan hanya ayam ini yang memiliki ciri seperti itu. Selain itu kepala ayam ini juga tidak memiliki bulu seperti ayam jago lain nya, serta ekor nya yang lebih pendek daripada ayam lain nya. Selain itu postur ayam ini juga lebih besar dari jenis ayam lain nya, karena itulah ayam ini cukup banyak di kawin silangkan dengan ayam jenis lain.

Kelebihan utama ayam ini sebenar nya terletak pada daya tahan nya terhadap pukulan dari ayam lawan. Namun ayam ini juga memiliki pukulan yang sangat keras serta akurat. Selain itu dengan postur nya yang besar maka tak heran jika ayam ini biasanya akan kesulitan menemukan lawan yang sepadan, baik itu ayam bangkok maupun jenis ayam lain nya.

Kekurangan Ayam Saigon Sebagai Ayam Petarung

Namun meski memiliki banyak keunggulan, ayam ini nyata nya tetap memiliki cukup banyak kelemahan jika ayam ini kita gunakan sebagai ayam andalan di arena sabung ayam. Kekurangan yang utama dari ayam ini adalah soal kecepatan nya, dengan memiliki tubuh yang besar maka tak heran ayam ini memiliki gerakan yang cukup lambat selain itu stamina ayam ini juga bisa dikatakan cukup lemah maka dari itu ayam ini akan sangat kesulitan saat melawan ayam yang memiliki kecepatan yang bagus seperti ayam birma serta ayam pama.

Selain itu gaya bertarung ayam ini juga kurang bagus sebab ayam ini lebih untuk menghindar daripada melakukan balasan ketika mendapatkan pukulan ayam lawan, maka dari itu ayam ini kurang mendapatkan perhatian di kalangan para penghobi ayam. Kebanyakan dari mereka hanya menjadikan ayam ini sebagai pemacek atau indukan dan di silang dengn indukan lain nya.

Untuk penampilan nya sendiri ayam ini kurang menarik bagi para pecinta atau pengkoleksi ayam hias karena tidak memiliki bulu di sekitar leher nya yang membuat ayam ini terlihat tidak ‘ganteng’ dan karena itu juga lah ayam ini sama sekali tidak diminati para penghobi ayam hias. Demikian artikel mengenai keunggulan serta ciri Ayam Petarung jenis saigon yang kurang diminati, semoga artikel ini bermanfaat.